Rabu, 20 Juni 2012

TAKBIRTUL IHROM

Takbirtul ihrom menurut madhab syafi'iah dan kebanyakan ulamak termasuk bagian dari rukun sholat. Sedangkan pendapat madhab Hanafiah termasuk syarat sah sholat tidak termasuk bagian dari rukun sholat. Dan kesepakatan ulamak tidak sah sholat yang didirikan tanpa takbirotul ihrom.

Lafadh takbirtul ihrom.
-----------------------
pendapat madhab syafi'iah dan Hanafiah memblehkan dengan 2macam lafadh yaitu الله اكبر dan الله الأكبر .Sedangkan pendapat madhab maliki tidak membolehkan dengan lafadh الله الأكبر . Akan tetapi untuk hati-hati diutamakan lafadh الله اكبر dikarenakan tidak ada perbedaan pendapat antara kebanyakan ulamak.

Takbirtul ihrm menggunakan takbir yang lain seperti : الله العطيم, الله المتعال, الله أعظم, الله أعزّ, الله أجلّ dan kalimat-kalimat yang lain yang sifatnya mengagungkan Alloh SWT tidak sah menurut pendapat syafi'iah. Sedangkan madhab Hanafiah boleh mendahulukan lafad اكبر dari pada lafadh الله menjadi  اكبر الله .

Pendapat imam nawawi dalam kitabnya Al-adkar hal : 34 tidak sah sholat seserang dengan membaca takbir dengan lafadh اكبر الله . Sedangkan pendapat murid-muridnya membolehkan dengan lafadh tersebut seperti membalikkan lafadh salam menjadi عليكم السلام.

Ketentuan membaca takbir dalam takbirtul ihrom.
-------------------------------------------------
Membaca takbir dalam takbirotul ihrom batas keafsahannya waib sampai mendengarkan suaranya sendiri kecuali orang yang tuli. Apabila orang yang sholat gagap dalam hal berbicara atau bodoh dalam bahasa arab sehingga salah dalam pengucapan harokat atau huruf tetap sah sholatnya dengan ketentuan wajib belajar bahasa arab.
pendapat qoul yang shohih disunahkan membaca takbir dengan memanjangkan lamnya lafadh Alloh.Apabila mushloli memanangkan selain lamnya lafadh Alloh tetap sah sholatnya akan tetapi mengurangi keafdhlan sholat.

takbirtul ihrom ketika sholat berjamaah makmum disunahkan melirihkan bacaannya dengan ketentuan hanya dia sendiri yang mendengarkannya. sedangkan siimam disunahkan mengeraskan bacaannya.

Sunah takbir dalam sholat.
--------------------------
Dalam dua rokaat sholat disyariatkan membaca 11X takbir, dalam 3 rokaat sholat disyariatkan 17X takbir dan dalam sekali rokaat sholat disyariatkan 5X takbir sekali takbir ketika ruku',4X takbir ketika sujud termasuk sekali takbir bangun dari ruku'. Dengan ketentuan tidak termasuk takbir pembuka sholat karena seperti penelasan awal bahwa takbir pembuka sholat waib hukumnya.
takbir-takbir yang disunahkan apabila lupa tidak dilakukan atau sengaja ditinggalkan tidak disunahkan sujud syahwi.

wallohu 'alam!!!! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar