Selasa, 19 Juni 2012

KEUTAMAAN SHODAQOH

HIKAYAH
                Suatu ketika sayyidina Ali R.A keluar dari rumah untuk menjual izar sulaman yang dibikin oleh sayyidatina Fatimah  R.A untuk dibelikan makanan dari hasil penjualan tersebut. Setelah sampai di pasar sayyidina Ali menjualnya dengan harga 6dirham.
                Setelah menjual izar tersebut sahabat Ali RA melihat orang yang meminta lalu Ali memberikan 6dinar hasil penjualannya kepada orang yang meminta tersebut. Dengan keyaqinannya bahwa setiap shodaqoh yang dikeluarkan dijalan Alloh SWT dengan keikhlasan maka Alloh membalasnya 10X lipat.
                Didalam perjalanan pulang,Sebelum sayyidina Ali RA sampai dirumah kediamannya beliau bertemu seorang Arab dengan menintun seekor onta.lalu terjadi percakapan.
Orang Arab : ya abal hasan, belilah onta yang aku bawa ini!!!
Ali RA           : saya tidak mempunyai apapun untuk membelinya.
Orang Arab : engkau boleh mencicilnya atau  membawanya dulu.
Kemudian sayyidina Ali RA menyanggupinya dengan harga 100dirham dan membawanya pulang. Setelah selang beberapa langkah perjalanannya ada seorang Arab yang lain yang memanggilnya.
“apakah engkau mau menjual ontamu wahai Abal hasan....?”
“ya, saya membelinya dengan harga 100dirham”  sahud sayyidina Ali RA.
“saya akan membelinya darimu dengan 160dirham, apakah engkau mau melepasnya untukku? Tanya orang arab tersebut.
Kemudian, sayyidina Ali RA menyetujuinya dan membawa pulang 60dirham dan memberikan 100dirham kepada orang arab pemilik onta tersebut.
Sesampai dirumah Ali RA memberikan uang hasil penjualan onta tersebut kepada St Fatimah RA,
lalu St Fatimah  RA bertanya kepada suaminya “dari mana engkau mendapatkan uang ini wahai suamiku?”. Lalu Ali RA menjawab “saya berjual beli dengan Alloh SWT dengan 6dirham lalu Alloh SWT menggantinya dengan 60dirham.
Setelah itu menantu nabi tersebut menceritakan kejadian sipenjual dan pembeli onta kepada Rosululloh SAW. Kemudian Rosul SAW menjawab “wahai Ali,ketahuilah bahwa orang arab yang menawarkan ontanya kepadamu adalah Malaikat Jibril dan orang yang membelinya dari mu adalah Malaikat Mikail  sedangkan onta yang engkau beli adalah bagian putriku Fatimah kelak dihari qiyamat.

fatawa imam suyuti hal :33

مَن جَاءَ بِالْحَسَنَةِ فَلَهُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا ۖ وَمَن جَاءَ بِالسَّيِّئَةِ فَلَا يُجْزَىٰ إِلَّا مِثْلَهَا وَهُمْ لَا يُظْلَمُونَ                                            
Artinya  : Barangsiapa membawa amal yang baik, maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya; dan barangsiapa yang membawa perbuatan jahat maka dia tidak diberi pembalasan melainkan seimbang dengan kejahatannya, sedang mereka sedikitpun tidak dianiaya (dirugikan).( Q.S Al- An’am 160).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar