Sabtu, 16 Juni 2012

AMAL SOLIKH MENJADI JAWABAN MUNKAR & NAKIR

Ketika manusia beriman  telah meninggal dunia dan jasadnya sudah diletakan diatas liang lahat pembaringan terahir. Kemudian kedatangan dua malaikat Munkar & nakir yang warnanya hitam kelam menyeramkan, pandangannya tajam lantang, suaranya keras bagaikan suara gemuruh halilintar, sinar matanya bagai cahaya petir yang siap menyambar.

Dua malaikat tersebut mendatangi hamba mukmin tersebut dari arah atas (kepalanya) simayit. Kemudian, datang amal ibadah sholat yang dikerjakan semasa hidupnya dan berkata kepada dua malaikat (Munkar dan Nakir) "wahai Munkar dan kau Nakir... ketahulah aku selalu diajak oleh simayit ini semasa hidupnya siang dan malam. kepalanya bersamaku dimalam dan siangnya. maka, takutlah kamu sekalian untuk mendatinya dari arah sini.

Kemudian, dua malaikat tersebut pergi dan mendatangi lagi simayit dari arah bawah kaki simayit. lalu datang amal ibadah sholat berjamaah yang dikerjakannya semasa sebelum meninggalnya dan berkata "ya...Malakul munkar wa nakir, wahai engkau munkar dan kau nakir... ketahuilah bahwa aku amal adalah amal ibadah berjamaah yang dikerjan mayit ini semasa sebelum meninggalnya. kakinya selalu menuntun menuju tempat-tempat berjamaah kala adzan sudah terdengar. maka, takutlah wahai engkau munkar dan nakir untuk mendatanginya dari arah kakinya.

Kemudian, dua malaikat tersebut pergi dan datang lagi kepada simayit dari arah kanan simayit. Selanjutnya, datang amal ibadah shodaqoh yang diinfaqkan semasa hidupnya dan berkata kepada munkar dan nakir "wahai engkau munkar dan nakir jangan engkau datangi simayit ini dari arah sini. Ketahuilah aku adalah amal shodaqoh yang diinfaqkannya semasa hidupnya. Tangan kanannya menjadi saksi dari apa-apa yang diinfaqkannya dan kalian takutah untuk mendatanginya dari arah kanan.

Kemudian, dua malaikat tersebut pergi dan mendatangi lagi simayit dari arah kiri simayit. lalu, datang amal ibadah puasa yang dilaksanakan semasa hidupnya dan berkata kepada Munkar dan Nakir "wahai engkau utusan Alloh munkar dan kau nakir ketahuilah aku adalah amal puasa yang dikerjakannya semasa hidupnya. maka, pergilah kalian berdua...

Kemudian dua malaikat tersebut mencoba untuk pergi dan simayit terbangun bagaikan orang yang bangu dari tidur dan berkata kepada malaikat munkar dan nakir "Wahai engkau utusan Alloh apa gerangan yang kau inginkan dengan kedatangan kalian  kesini ?"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar